Sabtu, 24 Januari 2009

Bioma Hutan Gugur


PENGERTIAN

Bioma hutan gugur (Deciduous Forest) adalah bioma yang banyak terdapat di bagian belahan bumi utara dan sebagian belahan bumi selatan. Antara lain di negara Canada, Swedia, Finlandia, Norwegia, Rusia, sebagian Amerika Serika yang meliputi daerah yang luas, mulai dari sungai Mississippi hingga pantai Atlantik dan dari Florida hingga Kanada bagian Selatan, Chili, Kazakhstan, Cina dan Jepang. Sedangkan di Indonesia, bioma ini dapat ditemukan di Jawa Barat hingga Jawa Timur. Penaman bioma ini berdasarkan atas ciri – ciri umum dari ditemukannya tumbuhan di sekitarnya yang menggugurkan daunnya pada musim gugur.


CIRI – CIRI

1. Mempunyai 4 musim. Panas, gugur, dingin, dan semi.

Pada musim panas, bioma hutan gugur menerima sinar matahari yang cukup tinggi. Sehingga curah hujan dan kelembapan pada saat itu juga meningkat. Hal ini menyebabkan pohon pohon tinggi dapat hidup dengan baik dan subur. Menjelang musim dingin sinar matahari mulai berkurang dan suhu mulai turun dan tumbuhan pun mulai sulit mencari air. Sehingga daun menjadi merah kecoklatan dan akhirnya gugur. Pada saat musim dingin, tumbuhan menjadi layu dan tidak berfotosintesis. Beberapa hewan melakukan tidur panjang selama musim dingin atau yang disebut hibernasi. Menjelang musim panas, suhu menjadi naik, menyebabkan salju mencair, dan tumbuhan mulai bersemi kembali.

2. Curah hujan merata sepanjang tahun antara 75 – 100 cm / tahun

3. Keanekaragaman jenis tumbuhan lebih sedikit daripada bioma hutan tropis. Ini dikarenakan unsur cahaya matahari yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan hanya terjadi pada musim panas dan semi. Sedangkan pada bioma tropis sepanjang tahun mendapatkan sinar matahari.

4. Tumbuhan yang dapat bertahan pada bioma hutan gugur jumlahnya tidak terlalu banyak. Hanya tumbuhan yang berdaun lebar seperti pohon oak, elm, maple, ataupun beach yang dapat bertahan.

5. Suhu hutan rata – rata ± 50ยบ F


FLORA

Beberapa tumbuhan yang terdapat pada bioma hutan gugur antara lain.

1. OAK / EK

Nama ek / Oak sering digunakan sebagai nama dari beberapa ratus spesies pohondan semak dalam genus Quercus dan beberapa genus yang berhubungan, terutama Cylobalanopsis dan Lithocarpus. Genus ini berasal dari belahan bumi utara, dan termasuk spesies peluruh dan hijau abadi yang menyebar dari lintang yang dingin sampai Asia yang tropis dan Amerika. Famili dari tumbuhan ini termasuk dalam Fagaceae. Terdapat 450 spesies di muka bumi ini.

2. MAPLE

Pohon Maple digolongkan pada genus Acer. Pohon Maple juga digolongkan di dalam famili Aceraceae. Terdapat kira –kira 125 spesies kebanyakan terdapat di Asia, tetapi beberapa spesies terdapat di Eropa, Africa utara, dan Amerika Utara. Sejak 25 April 1996, Pohon Maple menjadi lambang Negara Canada.


FAUNA

Beberapa hewan yang terdapat pada bioma hutan gugur antara lain.

1. Racoon

Racoon berukuran sedang, tidak terlalu besar atau pun tidak terlalu kecil. Mamalia Karnivora ini berasal dari Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Racoon hidup pada pohon, atau di sungai kecil yang berada di hutan dekat rumah penduduk. Racoon makan antara lain, unggas, anak tikus, telur burung, macam-macam serangga, ikan, dan kodok. Adakalanya, raccoon memakan kacang dan buah-buahan. Racoon juga hewan yang mempunyai kemampuan berenang yang bagus. Racoon yang berasal dari utara biasanya tidur saat musim dingin di dalam sarangnya yang terdapat di pohon, tetapi raccoon tidaklah berhibernasi. Saat ini, raccoon tersebar hingga Eropa, wilayah Caucasus, dan Jepang.

2. Rusa

Rusa merupakan hewan mamalia pemamah biak. Rusa termasuk hewan herbivora. Rusa termasuk dalam famili Cervidae. Rusa berasal dari Amerika, Eropa, Asia, dan Afrika utara. Populasi terbesar rusa berada di hutan heterogen, ruang terbuka, dan juga rusa dapat hidup di rawa, dan gunung.


KEADAAN ALAM

Keadaan alam pada wilayah bioma hutan gugur sangatlah bervariasi. Hal ini dipengaruhi dengan adanya empat musim yang berada di sana. Menyebabkan kurang bervariasinya tumbuhan atau flora yang ada di bioma tersebut. Karena, hanya tumbuhan yang tahan terhadap empat musim itulah yang dapat bertahan hidup. Tumbuhan yang yang dapat bertahan hidup, bercirikan tiap kali musim panas menggugurkan daunnya, dan berdaun lebar. Sedangkan, adanya empat musim pada bioma ini tidak terlalu berpengaruh terhadap variasi hewan atau fauna. Karena, rata-rata hewan yang berada di bioma ini, melakukan hibernasi saat musim dingin tiba dan bangun saat musim panas tiba. Sehingga hewan tersebut tahan sudah kebal terhadap perbedaan musim yang ektrim tersebut. Dan juga beberapa hewan tidak terlalu kedinginan saat musim dingin dan tidak kepanasan saat musim panas. Karena, hewan tersebut tinggal di hutan yang hangat saat musim dingin dan sejuk saat musim panas.


DOMINASI

Dominasi yang ada pada bioma hutan gugur antara lain:

1. Hutan-hutan dipenuhi oleh pepohonan homogen

2. Tiap kali tiba musim panas, pohon – pohon meranggas

3. Beberapa jenis hewan berhibernasi

4. Hujan yang merata dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi

5. Apabila musim hujan, daun-daun menjadi lebat

6. Jenis pohon yang mendominasi bioma ini antara lain Pohon Jati, Pohon Angsana, Pohon Maple, Pohon Cemara, Pohon Oak.

7. Hewan yang mendominasi antara lain Rusa, Babi Hutan, Harimau, dan Racoon.

3 komentar:

  1. hhuuummm. . .

    blog anda. . . baguss. . .

    owhh. . .bagus sekali malah. .

    ^-^

    . . .

    . . .

    ye iyeelaahh. . . punya guwe ;D

    BalasHapus
  2. Blog....yg aneh tenan hihihi...

    tp apik koq...

    Keep goink...

    BalasHapus